Kodim 1008/Tjg Ikuti Pelatihan Penggunaan APD sampai Simulasi Pemakaman sesuai Protokoler Kesehatan
Oleh Super Admin pada Minggu, 21 Juni 2020

Kodim 1008/Tanjung terus melakukan sejumlah langkah kongkrit untuk mencegah penyebaran Covid 19. Salah satunya dengan melaksanakan pelatihan tata cara penggunaan dan pelepasan Alat Pelindung Diri (APD), serta simulasi prosesi pemakaman jenazah Covid-19 sesuai dengan protokoler kesehatan.

Pelatihan tersebut sebagai upaya dalam menyiapkan anggota pemakaman yang sesuai dengan protokol Kesehatan yang sudah ditetapkan oleh dinas kesehatan dan WHO.

Tiga orang personil Kodim 1008/Tjg dan tiga orang personil Kompi A Yonif 621/Mtg yang menjadi petugas tetap Covid-19 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Tabalong, menggelar simulasi prosesi pemakaman jenazah Covid-19 sesuai dengan protokoler kesehatan bertempat di RS Badaruddin Kasim Maburai, beberapa waktu yang lalu.

Dandim 1008/Tanjung Letkol Inf Ras Lambang Yudha mengatakan, pemberian materi APD dan langkah-langkah pemakaman jenazah dengan protokoler kesehatan ini sangat penting agar setiap Personel Jajaran 1008/Tanjung lebih mengerti tentang APD, cara pemakaiannya, serta dalam penerapan mengevakuasi atau membantu masyarakat Tabalong.

“Penggunaan APD saat mengevakuasi dan membantu masyarakat yang terkonfirm Covid-19 sangat diperlukan sebagai upaya melindungi diri dari penularan, serta memutus rantai penyebarannya” terang Dandim Tanjung.

Melalui simulasi ini juga kami ingin mengetahui kemampuan dan kesiapan para anggota dalam hal penanganan korban Covid-19 yang meninggal di wilayah, sehingga apabila hal tersebut terjadi setidaknya kami sudah siap untuk melaksanakan tugas tersebut, jelas Dandim menambahkan.

Latihan dimulai dengan pengetahuan bagaimana cara penggunaan dan pelepasan APD yang benar yang kemudian langsung dipraktekkan cara penggunaannya oleh tim penanggulangan Covid-19.

Kemudian dilanjutkan dengan beberapa langkah yang dilakukan terkait penanganan prosesi pemakaman jenazah, hingga cara melepaskan APD dan cara penseterilan personil setelah pemakaman.

Serda Syarifuddin yang ikut dalam pelatihan penanganan Covid-19 dengan protokoler kesehatan ini mengaku siap siaga dan siap digerakkan bersama tim gugus tugas covid-19, demi menangani pandemi Covid-19 di Wilayah Kabupaten Tabalong.