Ketahui tentang Varian Kappa, Mutasi Virus COVID-19 Terbaru
Oleh Fia Abdi Putra pada Minggu, 18 Juli 2021

Virus corona adalah penyebab terjadinya penyebaran penyakit COVID-19, terus bermutasi di banyak negara. Belakangan ini yang dikabarkan belum lama terdeteksi di Indonesia adalah varian virus Delta dan Kappa. Meski begitu, belum banyak orang yang paham betul tentang varian Kappa penyebab COVID-19 ini. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan ini!

Apa Itu Varian Kappa Penyebab COVID-19?

Varian Kappa adalah strain virus mutan ganda yang dikenal juga dengan B.1.167.1. Virus corona yang telah bermutasi ini telah menimbulkan tanda bahaya dan disebut-sebut lebih mudah untuk menular. Disebutkan jika varian baru ini telah terdeteksi di beberapa wilayah Indonesia, yaitu DKI Jakarta dan Sumatera Selatan.

AstraZeneca Dipercaya Ampuh Cegah Varian Kappa

Dikutip dari studi yang dilakukan University of Oxford, disebutkan jika AZ dapat memberikan perlindungan terhadap varian Delta dan Kappa. Studi ini menyelidiki kemampuan antibodi monoklonal dalam serum dari orang yang sudah pulih dan serum dari orang yang divaksinasi untuk menetralkan virus corona yang telah bermutasi tersebut.

Studi tersebut juga menyebutkan jika netralisasi terhadap varian Delta dan Kappa sebanding dengan yang terjadi pada varian Alpha dan Gamma. Hal ini memberikan indikasi awal jika tingkat perlindungan yang sama dapat dicapai untuk mencegah penyebaran penyakit COVID-19 untuk beberapa mutasi.

Maka dari itu, penting untuk mendapatkan vaksin guna mencegah penyebaran dari virus corona, terutama varian Delta dan Kappa yang rentan menyebabkan penyakit COVID-19. Tentu saja kamu tidak inginkan jika orang-orang tersayang di sekitarmu tertular penyakit ini gara-gara diri kamu? Selain vaksin, perlu juga untuk selalu melakukan protokol kesehatan dan mengonsumsi vitamin.

(Sumber : halodoc.com)