Bos Satgas Beberkan 4 Jurus Bendung Varian Baru Covid-19
Oleh Fia Abdi Putra pada Senin, 13 September 2021

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito membeberkan strategi pencegahan terkini penanganan Covid-19 di tengah ancaman varian baru virus corona. Menurut dia, Satgas Covid-19 sudah menerapkan upaya pencegahan berlapis.

Pertama, mencegah imported case yang datang dari luar negeri. Caranya melalui pembatasan entry point untuk masuk ke tanah air.

"Kita akan melakukan pembatasan atau pembukaan entry point ini yang semula ada lima diubah menjadi dua (untuk pelaku perjalanan udara)," ujar Ganip mengacu kepada entry point di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Sam Ratulangi.

Menurut dia, upaya itu melibatkan unsur-unsur kementerian/lembaga terkait baik Satgas Covid-19, TNI-Polri, Kemenkes, Kemenkumham, dan Kemenhub.

Kedua, Satgas Covid-19 melakukan pembatasan mobilitas pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN).

"Ini kita lakukan dengan screening masyarakat kita yang melakukan perjalanan antardaerah. Ini sudah dilakukan dan ini juga dikendalikan oleh satgas-satgas yang langsung mengawasi dan melakukan kontrol pengendalian di lapangan," kata Ganip.

Ketiga, pembatasan kegiatan operasional masyarakat yang dikenal dengan PPKM leveling kota/kabupaten. Ini mengacu kepada Instruksi Menteri Dalam Negeri.

"Kemudian yang paling kecil adalah mencegah pada tingkat komunitas. Terdapat empat fungsi, yaitu pencegahan, pembinaan, penegakan, dan dukungan. Ini sudah berjalan di seluruh Indonesia dan sudah terbentuk ribuan posko yang terus kita update laporannya tiap hari," ujar Ganip.

(Sumber : cnbcindonesia.com)