'Vaksin yang Terbaik ialah Vaksin yang Tersedia dengan Cepat'
Oleh Fia Abdi Putra pada Rabu, 08 September 2021

World Health Organization (WHO) dan banyak negara telah bersepakat langkah-langkah untuk hidup berdampingan dengan virus corona secara jangka panjang harus disiapkan. Pemerintah pun menyusun strategi jangka panjang untuk mengantisipasi kemungkinan Covid-19 akan tetap ada dalam waktu lama. Pilihan terbaik bagi masyarakat saat ini adalah tetap berdisiplin dan membiasakan diri dengan protokol kesehatan sebagai jalan menuju tatanan kehidupan baru.

Dokter sekaligus influencer Nadia Alaydrus meminta masyarakat selalu mematuhi prokes yang sudah ada walaupun pemerintah telah melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Dari 5M tidak bisa hanya pakai masker saja, namun juga harus cuci tangan, jaga jarak, jauhi kerumunan, dan kurangi mobilitas," ujar Nadia dalam acara 'Kesiapan Hidup Berdampingan Dengan Covid-19' yang ditayangkan pada channel Youtube FMB9ID_IKP, Selasa (7/9/2021)

Selain itu, dia juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dan menjalankan pola makan sehat agar imun tubuh selalu terjaga. Nadia pun menekankan agar masyarakat Indonesia mau divaksin dan tidak pilah pilih vaksin merek tertentu.

"Vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia dengan cepat, apapun mereknya. Manfaatnya sama. Tubuh bisa mengenali virus, bentuknya saja yang beda, ada virus yang dimatikan atau yang berbasis mRNA. Yang menunggu vaksin merek tertentu malah tidak cepat divaksin. Hal ini yang malah bahaya," lanjutnya.

Jika tidak mau ada mutasi virus dan gelombang penularan ketiga/terbaru, Nadia mengingatkan agar seluruh masyarakat menahan diri untuk berkumpul atau berkerumunan terlebih dahulu guna sekaligus untuk mempercepat pengendalian Covid-19 di tanah air.

(Sumber : cnbcindonesia.com)