Jangan Lengah! Ini 7 Titik Penularan Covid-19 di Rumah
Oleh Fia Abdi Putra pada Jumat, 17 September 2021
Selama masa pandemi Covid-19, Anda mungkin lebih memilih untuk tetap berada di rumah. Tempat tinggal sendiri memang jauh lebih aman ketimbang di luar, apalagi dengan bahaya yang menghantui.
Namun, siapa sangka tetap berdiam diri di rumah pun tak membuat Anda 100% terlindungi dari Covid-19. Ada beberapa titik lengah di rumah yang memungkinkan Anda terinfeksi virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Tanpa disadari, saat kita lengah karena merasa sudah aman dari virus, ada sejumlah aktivitas yang dapat menjadi celah penularan Covid-19, baik di rumah maupun lingkungan rumah yang paling dekat.

Lantas, titik lengah mana saja yang ada rentan terhadap penularan Covid-19 di lingkungan rumah?

1. Kumpul atau Makan Bersama Keluarga/Teman yang Tidak Serumah
Kumpul keluarga besar menjadi momen berharga yang banyak ditunggu-tunggu sejak pandemi melanda. Sayangnya, kegiatan kumpul bersama dengan orang-orang yang tidak tinggal serumah itu memiliki potensi penyebaran virus. Ini terjadi khususnya saat angka pertambahan kasus Covid-19 sedang tinggi, atau kerabatmu tinggal di zona merah.

2. Kumpul Tetangga atau Arisan
Saat tingkat kasus Corona sedang tinggi di lingkungan rumahmu, sebaiknya minimalisir dulu menghadiri acara kumpul tetangga atau arisan yang termasuk kegiatan berkerumun. Kita tidak tahu pasti riwayat kontak langsung dari masing-masing tetanggamu, belum lagi bila acara itu dilakukan di ruang tertutup.

3. Orang yang Baru Pulang dari Kantor, Luar Kota, atau Rumah Sakit
Tempat kerja, rumah sakit, dan luar kota merupakan tempat-tempat umum yang rawan potensi penyebaran virus Corona. Bagi orang yang baru pulang berpergian jauh dari luar kota, sebaiknya lakukan karantina mandiri dulu di rumah.

4. Foto Bersama Tanpa Masker
Sah-sah saja bila kamu ingin melakukan foto bersama di masa pandemi, asalkan tetap pakai maskermu, ya! Pasalnya, varian Covid-19 Delta saat ini dinilai lebih mudah menular dibandingkan varian virus sebelumnya. Bukan saja lewat droplet, virus juga bisa menular lewat aerosol yang ukurannya jauh lebih kecil dari droplet.

5. Belanja ke Pasar/Tukang Sayur/Supermarket
Berbelanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari adalah aktivitas yang tidak bisa dihindari. Namun, bagaimana jika kita merasa sedang kurang enak badan?

Di rumah saja menjadi pilihan yang bijak. Jika ada gejala demam dan batuk sebaiknya tunda dulu ke pasar lalu istirahatlah di rumah. Toh, saat ini kita bisa belanja bahan pangan secara praktis melalui e-commerce juga aplikasi belanja groceries online.

6. Asisten Rumah Tangga yang Pulang Pergi
Pastikan Asisten Rumah Tangga (ART) yang bekerja di rumahmu mencuci tangan sebelum dia masuk ke rumah serta tetap memakai masker selama ia bekerja. Ini juga berlaku saat kamu memanggil petugas layanan ke rumah.

7. Anak Bermain dengan Teman-teman
Situasi pademi Covid-19 turut berdampak bagi anak-anak, sebab mereka harus terpisah dari dunia luar juga teman-teman sebaya.

Orang tua perlu memberi penjelasan yang baik kepada anak tentang pentingnya melakukan protokol kesehatan, termasuk ketika anak ingin bermain bersama teman-temannya. Selain itu, bagi anak yang masih di bawah 10 tahun, orang tua bisa mendampingi anak saat bermain.

Solusi Mencegah Penularan Virus Covid-19

Tenang, ketujuh poin tadi bukan untuk menakut-nakuti. Justru, imengingatkan kita bahwa protokol kesehatan wajib dilakukan dalam kondisi apapun, dimanapun dan kapanpun.

Ingatlah untuk selalu pakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, hindari kerumunan, dan melakukan vaksinasi Covid-19 secara lengkap.

Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Dr. Yulia Sofiatin, dr., SpPD, mengingatkan anggota keluarga yang akan memasuki rumah sehabis bepergian wajib menerapkan protokol masuk rumah.

Anggaplah bahwa diri kita membawa virus dari luar rumah. Oleh sebab itu, kita wajib menerapkan langkah-langkah berikut:

Melepaskan pakaian, jaket, sepatu, dan topi yang sudah dikenakan dari luar. Untuk pakaian, jika memungkinkan cuci sesegera mungkin.
Langsung mandi setelah mengunjungi tempat-tempat yang rawan penyebaran virus.
Disinfeksi seluruh aksesori yang dibawa ke luar rumah, seperti ponsel, tas, dompet, kunci, hingga perhiasan.

(Sumber : cnbcindonesia.com)