Was-was Varian Mu, Siapkah RI Hadapi Covid-19 Baru Ini?
Oleh Fia Abdi Putra pada Sabtu, 11 September 2021

Indonesia bersiap dengan kemungkinan adanya gelombang tiga virus Covid-19. Ini karena temuan varian Covid-19 baru bernama MU di sejumlah negara dunia.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso menyebut Bappenas menyebut adanya potensi gelombang tiga. Diharapkan penularannya bisa diantisipasi dengan catatan masyarakat bisa patuh menjalani protokol kesehatan.

"Gelombang ketiga, kita harapkan tidak terjadi. Sekarang yang menjadi concern (pemerintah) sudah ada untuk mengantisipasi varian Mu," jelasnya dalam pertemuan dengan media di kantornya belum lama ini.

Dia juga menambahkan vaksinasi menjadi game changer utama saat ini. "Dalam kondisi vaksinasi merupakan game changer utama yang lebih permanen," tambahnya.

Bappenas, kata Suharso ditugasi negara menyusun dan mempertimbangkan soal varian MU. sebab faktor-faktor strategi internasional dan lingkungan harus menghitung langkah yang diambil.

Akhir Agustus lalu, WHO mengumumkan adanya varian MU yang pertama kali diidentifikasi di Kolombia bulan Januari lalu. WHO menyebut MU memiliki mutasi yang menunjukan resiko resistensi pada vaksin, namun tetap menekankan perlunya penelitian lebih lanjut untuk memahami soal MU.

Sejauh ini varian tersebut sudah tersebar di 39 negara. Di Asia sendiri, varian MU sudah ditemukan di Jepang dan Hongkong.

"Di Asia dibawa oleh pendatang di Hong Kong. Di Hong Kong break pertama jenis ini ditemukan pada Januari. Sudah (tersebar) di 39 negara untuk virus jenis ini," kata Suharso.

(Sumber : cnbcindonesia.com)