Ayah & Bunda, Vaksin Pfizer Manjur 91% Lawan Covid pada Anak
Oleh Fia Abdi Putra pada Sabtu, 23 Oktober 2021

Penelitian di Amerika Serikat (AS) mengungkap vaksin Pfizer efektif 91% mencegah infeksi simtomatik Covid-19 pada anak berusia 5-11 tahun.

Studi ini melibatkan 2.268 anak berusia 5-11 tahun yang mendapatkan dua suntikan dengan jarak tiga minggu. Setiap dosis yang diberikan pada anak adalah sepertiga dari jumlah yang diberikan kepada remaja dan orang dewasa.

Dalam penelitian ini ditemukan anak yang diberikan vaksin Pfizer dengan dosis yang lebih rendah mengembangkan antibodi penangkal virus Covid-19 sama kuatnya dengan remaja dan remaja muda yang mendapatkan vaksinasi dosis penuh, seperti dikutip dari CNBC International, Sabtu (23/10/2021).

Anak yang sudah divaksin tetapi terinfeksi Covid-19 hanya menunjukkan gejala ringan. Tidak ada gejala parah yang dilaporkan yang membuat anak harus dilarikan ke rumah sakit seperti yang dialami mereka yang tidak divaksin.

Meski begitu, studi ini tidak cukup besar untuk mendeteksi efek samping yang sangat langka, seperti peradangan jantung yang kadang-kadang terjadi setelah dosis kedua, kebanyakan pada pria muda.

AS sendiri telah mempertimbangkan untuk memberikan vaksinasi untuk kelompok usia anak. Jika vaksinasi anak direstui FDA maka program ini akan dilakukan awal bulan depan.

Pemerintahan Biden telah membeli cukup dosis ukuran anak - dalam botol khusus berwarna oranye untuk membedakannya dari vaksin dewasa - untuk sekitar 28 juta anak berusia 5 hingga 11 tahun di negara itu. Jika vaksin diizinkan, jutaan dosis akan segera dikirim ke seluruh negeri, bersama dengan jarum ukuran anak.

(Sumber : cnbcindonesia.com)