Diam-Diam China Temukan Obat 'Super' Buat Covid, Manjur?
Oleh Fia Abdi Putra pada Jumat, 19 November 2021

Sebuah obat antibodi penetral Covid-19 kembali ditemukan di China. Obat ini dianggap manjur dalam penggunaan kepada pasien Covid-19 di pusat kesehatan.

Obat itu dinamai DXP-604. Obat ini merupakan garapan dari Singlomics Biopharmaceuticals dan tim yang dipimpin oleh profesor Universitas Peking Xie Xiaoliang. Para perancang mengklaim bahwa obat ini ampuh dalam melawan segala varian Covid-19.

"DXP-604, obat antibodi penetral baru untuk mengobati COVID-19 yang telah disetujui untuk penggunaan dengan pasien di Rumah Sakit Ditan Beijing, telah menunjukkan hasil yang baik dalam uji klinis fase 2," Science and Technology Daily melaporkan pada hari Kamis, (18/11/2021).

Pada 2 November, obat tersebut telah diberikan kepada 14 pasien dengan gejala parah Covid-19 di rumah sakit. Hasilnya menunjukkan bahwa pasien yang memakai obat tersebut telah mengurangi gejala umum Covid-19.

"Ini adalah antibodi super yang kami cari," kata tim peneliti dikutip China Daily.

Sebelumnya beberapa perusahaan China juga berhasil menemukan ramuan untuk mengobati Covid-19. Obat itu dikembangkan oleh Sinopharm serta dibuat berdasarkan imunoglobulin manusia dan antibodi monoklonal relatif. Bahan-bahan tersebut didapatkan dari plasma pasien yang sudah sembuh.

Selain dari China, perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS), Eli Lilly juga sudah memproduksi sebuah obat Covid-19. Obat yang dinamakan Bamlanivimbab itu telah mendapatkan persetujuan penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS atau FDA.

(Sumber : cnbcindonesia.com)