Fakta-fakta Obat 'Super' China, Disebut Manjur Lawan Covid
Oleh Fia Abdi Putra pada Jumat, 19 November 2021

China kembali membuat kemajuan baru dalam perkembangannya melawan Covid-19. Kali ini, peneliti negara tirai bambu dilaporkan berhasil menemukan obat antibodi yang melindungi dari Covid-19.

Obat itu dinamai DXP-604. Obat ini merupakan garapan dari Singlomics Biopharmaceuticals dan tim yang dipimpin oleh profesor Universitas Peking Xie Xiaoliang.

Lalu apa saja fakta menarik mengenai obat ini? Berikut daftarnya.

1. Bisa tangkal segala macam varian corona.

DXP-604 dianggap ampuh dalam melawan segala varian Covid-19. Pasalnya obat ini merupakan pengembangan obat-obat Covid yang pernah dibuat sebelumnya.

"DXP-604, obat antibodi penetral baru untuk mengobati Covid-19 yang telah disetujui untuk penggunaan dengan pasien di Rumah Sakit Ditan Beijing, telah menunjukkan hasil yang baik dalam uji klinis fase 2," Science and Technology Daily melaporkan pada hari Kamis, (18/11/2021).

Pada 2 November, obat tersebut telah diberikan kepada 14 pasien dengan gejala parah Covid-19 di rumah sakit. Hasilnya menunjukkan bahwa pasien yang memakai obat tersebut telah mengurangi gejala umum Covid-19.

"Ini adalah antibodi super yang kami cari," kata tim peneliti dikutip China Daily.

2. Bukan penemuan pertama China.

Sebelumnya beberapa perusahaan China juga berhasil menemukan ramuan untuk mengobati Covid-19. Obat itu dikembangkan oleh Sinopharm serta dibuat berdasarkan imunoglobulin manusia dan antibodi monoklonal relatif. Bahan-bahan tersebut didapatkan dari plasma pasien yang sudah sembuh.

Antibodi ini juga disebut efektif dalam memblokir pengikatan virus corona ke usus, ginjal, testis, kantong empedu, dan jantung.

"Itu menunjukkan para peneliti dan produsen obat China berada di antara yang terdepan dalam penelitian dan pengembangan obat-obatan Covid-19," sebut pelaku industri China.

(Sumber : cnbcindonesia.com)