Cuma Ini 'Obat' Agar RI Tak Terpapar Omicron Lebih Parah
Oleh Fia Abdi Putra pada Jumat, 24 Desember 2021

Meningkatnya kasus varian Omicron di berbagai negara harus disikapi masyarakat dengan tidak melakukan perjalanan keluar negeri apabila tidak mendesak. Pemerintah Indonesia terus berupaya keras mencegah menyebarnya varian Omicron yang terdeteksi dari pelaku perjalanan luar negeri.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengingatkan adanya keterbatasan sarana, prasarana dan sumber daya jika dibandingkan kedatangan luar negeri yang terlampau besar, maka potensi meledaknya kasus bukan tidak mungkin terjadi.

"Ketidakpatuhan protokol kesehatan dan mobilitas yang tidak terkendali merupakan situasi yang mendukung kasus. Termasuk Omicron untuk semakin meluas dan berpotensi menimbulkan lonjakan di lokasi lainnya," tegas Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19, Kamis (23/12/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Kunci mencegah masuknya lebih banyak varian Omicron adalah pelaksanaan karantina yang ketat. Baik ditempat terpusat maupun yang karena kewajibannya diperbolehkan karantina Mandiri. Serta testing pada saat kedatangan dan diakhir masa karantina.

Seluruh masyarakat juga dimohon menerapkan protokol kesehatan meskipun telah divaksin lengkap. Disiplin memakai masker dan sebisa mungkin menjaga jarak dan menghindari kerumunan adalah kunci mencegah penularan. Walaupun kondisi kasus saat ini rendah, namun potensi penularan masih ada.

Untuk itu, bagi masyarakat yang mengalami gejala COVID-19 atau merasa tidak sehat, sebisa mungkin tidak keluar rumah dan beristirahat. Terlebih pula meskipun kecil, peluang lolosnya orang positif untuk berkeliaran dan berkegiatan di luar rumah masih harus tetap menjadi perhatian.

Kepada Pemerintah diharapkan untuk terus meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19. Utamanya dosis lengkap untuk memaksimalkan proteksi pada masyarakat. Selain itu terus tingkatkan testing dan tracing pada kasus COVID-19 serta monitor hasil whole genum sequencing (WGS) pada pelaku perjalanan ke luar negeri untuk mendeteksi dini kasus Omicron dan mencegah semakin meluasnya di tengah masyarakat.

(Sumber : cnbcindonesia.com)