Kasus Pertama Omicron RI Ternyata dari OB Wisma Atlet
Oleh Fia Abdi Putra pada Kamis, 16 Desember 2021

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konfrensi persnya pada Kamis (16/12/2021) menyatakan bahwa, pekerja pembersih Wisma Atlet terkonfirmasi varian virus baru Covid-19 Omicron.

"Diterima ada tiga pekerja pembersih Wisma Atlet yang telah dites PCR dan positif Covid-19. Setelah dikirim ke Balitbangkes dan diuji genome. 1 orang dari 3 orang tersebut terkonfirmasi positif Omicron 1 orang," terang Menteri Budi Gunadi Sadikin, Kamis (16/12/2021).

Menteri Budi Gunadi menyampaikan, saat ini ketiga orang yang terserang Covid-19 tanpa gejala itu masih dalam keadaan sehat. Bahkan, tidak mengalami demam.

"Mereka bertiga dan satu orang yang Omicron itu di karantina di Wisma Atlet, bahkan sudah di lakukan tes ulang PCR kembali. Yang mana tes pertama dilakukan pada 8 Desember dan hasilnya saat ini telah negatif," ungkap Budi Gunadi Sadikin.

Saat ini pemerintah terus memperketat pengawasan atas adanya virus varian baru Omicron itu, Menteri Budi Gunadi bilang bahwa pihaknya mendeteksi ada lima kasus probable Omicron. Dua diantaranya dalam Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris,

"Kedua WNI itu di isolasi di Wisma Atlet," ungkap dia.

Sementara untuk ketiga orang lainnya adalah orang yang berasal dari Tiongkok untuk datang ke Manado. Adapun saat ini, ketiga orang tersebut sedang di karantina di Manado.

"5 orang ini masih sifat nya probable, di tes PCR marker khusus. Sampel pcr 5 kasus sudah dikirim di Balitabngkes, lagi dites genome seq, diharapkan tiga hari kedepan apakah benar omicron atau tidak," ungkap Budi Gunadi Sadikin.

Dalam konfrensi persnya, Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berpesan jangan lengah dan tetap waspada menghadapi varian baru Omicron ini.

(Sumber : cnbcindonesia.com)