Menkes Sudah Kantongi Hasil Tracing Pasien Omicron SCBD?
Oleh Fia Abdi Putra pada Kamis, 30 Desember 2021

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan perkembangan terkini mengenai pelacakan transmisi lokal varian Covid-19 omicron.

Berbicara di Istana Kepresidenan, Jakarta, Budi Gunadi mengemukakan otoritas kesehatan saat ini sedang melakukan pelacakan di restoran SCBD, Jakarta, atau lokasi yang sempat dikunjungi pasien transmisi lokal.

"Hasilnya sekarang sedang di tes di cafenya. Cuma saya belum dapat hasilnya. Kalau udah dapat, saya kasih tau," kata Budi, Kamis (30/12/2021).

Kementerian Kesehatan sendiri melaporkan kasus Covid-19 varian omicron yang telah terdeteksi mencapai 68 kasus, di mana 67 kasus adalah kasus impor dan sisanya adalah transmisi lokal.

Kasus penularan lokal omicron terjadi pada seorang pria berusia 37 tahun. Pria ini dikabarkan tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri dalam beberapa bulan ke belakang atau melakukan kontak dengan pasien.

Pria tersebut berasal dari Medan dan satu bulan sekali ke Jakarta. Ia bersama dengan istrinya tiba di Jakarta pada 6 Desember 2021, dan sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD pada 1 Desember lalu.

Pada tanggal 10 Desember saat ia melakukan tes antigen sebelum pulang ke Medan, ia mendapati hasil tesnya positif. Kemudian pada 19 Desember ia melakukan swab PCR dan hasilnya tetap positif.

Kemudian barulah pada 26 Desember lalu, pria tersebut terkonfirmasi terjangkit omicron berdasarkan hasil tes labolatorium. Pria tersebut kini melakukan isolasi di Rumah Sakit Suryanti Suroso.

(Sumber : cnbcindonesia.com)